ABC ada berapa? I - Italia, India. Q - Qatar. B - Belanda, Belgia. Dst.

11:07 AM Andri 0 Comments


Waktu kecil, gue suka main permainan receh “ABC ada berapa” bareng teman dan sepupu. Tau kan? Beberapa orang yang main, bakal teriakin yang tadi di tanda kutipin sambil menyodorkan beberapa jari kesemua orang. Lalu jumlah jari akan dihitung dengan alfabet A-Z secara berulang, hingga jatuh ke satu huruf saja. Lalu semua orang akan menyebutkan sebuah kata benda dan atau nama yang awal katanya huruf itu.

Kita jadiin semua subjek sebagai bahan permainan: nama buah, kota, jalan, binatang, bahkan orang yang kita kenal. Saking recehnya, tak elak kita sering bertengkar juga karena sering ada yang curang. Apalagi kalau udah ada satu-dua orang yang sudah males main karena nggak tau mau nyebutin benda apa. Karena nggak mau “mencongkong” ketika bermain. haha

Meski receh, permainan itu juga salah satu permainan kecil favorit gue sih. Kita mikir, ngakak cekikikan dan kadang tersiksa hanya karena kesusahan mengeluarkan satu kata yang sebenarnya udah di ujung lidah.

Tema favorit gue sih tentang geografi, nyebutin nama-nama daerah, tempat wisata dan atau negara. Apalagi di dinding tempat bermain kami bermain waktu itu terpampang peta dunia gede nan buluk dilengkapi dengan gambar bendera-bendera beserta nama negaranya. Jadi bisa curang juga mainnya haha. Namun dengan lugasnya gue bisa ngejawab Belgia ketika huruf B keluar, atau Jerman ketika J, Italia ketika I, dst. Yang paling asik-ngeselin ketika Q, yang pertama nyebutin Qatar, doi bakal jadi pemenang tunggal, dan yang lain fix harus main sambil “nyongkong” kaya orang lagi boker.

Orang-orang pun suka bosen main ini, karena setiap ketemu, pasti gue ngajakin main ini dan lagi lagi nebak nama negara lagi. Kalo gue ngajakin main, alesannya macem-macem pokoknya nggak main nebak nama negara! Akhirnya gue cari orang lain dong, buat main permainan ini. Kenalan sama anak komplek tetangga bahkan anak komplek tetangganya tetangga yang tetanggaan sama tetangganya tetangga. Ribet kan? Ya gitu lah. Cuma demi main ABC ada berapa dan tebak nama negara doang. Haha agak lebay sih, emang agak hiperbola sih bagian ini.

Tapi intinya, ini tu kaya berimpact gitu ke hidup gue. Akhirnya gue suka banget ketemu dengan orang-orang baru. Yang awalnya dari main ABC ada berapa malah jadi temen haha. Akhirnya pencarian ABC ada berapa nggak cuma sekitaran kompleks dan kota Duri aja, dimana gue gede. Gue ekspansi dong ke Sumatra Barat, sampe Jabodetabek juga.

Cuma orang-orang pada nggak asik, nggak ada yang mau main ABC ada berapa bareng gue di Sumatra dan Jawa. Pada cupu semua! Yaudahlah kan, gue ga mau nyerah kesana. Gue samperin lah negara-negara yang pernah gue mainin itu. Alfabetnya belum lengkap sih dari A-Z, baru beberapa negara doang. Belum ada apa-apanya banget dibandingin traveller lainnya. Dan lagi-lagi, cuma buat cari lawan main ABC ada berapa aja! HAHA

Yang udah berhasil baca sampai disini, selamat ya! Karena berarti kisana nggak males baca. Atau ngana kepo. Atau emang enjoy baca tulisan gue.

Jadi emang gitu sih gaes, gue udah lama banget ga nulis nih. Pengen produktif nulis lagi sih. Rencananya gue pengen pindahin travel notes gue ke caption ig dan blog gue sih. Well, ini nggak rencana doang sih, karena udah ada beberapa yang di draft. Jadi ini Travel notes setelah nyamperin beberapa tempat keren di Indonesia dan negara-negara itu sih. Karena ada banyak banget cerita disana, banyak banget orang yang gue temuin, dan kayanya semua ini worth to share banget lah. Daripada kesimpan di catatan gue yang udah mulai kumal kan?

Jadi sori mayori aja lah ya kalau misalnya ketemu postingan gue, tapi captionnya panjang. Isinya pasti cerita. Cerita cerita dan cerita. Daripada caption nanggung muluk kan.

Gimana nih kira-kira? Lanjut ga nih?

Selamat Berkelana!

Andri (Zainal Kari).

0 komentar: